Sedikit Tentang Ketombe

Memiliki rambut berketombe memang menyebalkan. Selain gatal, tentu tak sedap melihat pemandangan bubuk putih berjatuhan dari kulit kepala. Tak heran jika pemilik ketombe sering mengalami krisis pede.

Kunci mendapatkan rambut sehat bebas dari ketombe sebenarnya berawal dari kulit kepala. Pada kulit kepala yang sehat, setiap lapisan kulit kepala ada dalam keadaan normal. Sedangkan kulit kepala yang memiliki masalah ketombe, terjadi kelebihan mikro organisme yang secara alami menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Lemak dan Ketombe
Banyak faktor yang menyebabkan rambut berketombe, misalnya saja penggunaan kosmetik rambut, mikro organisme, kurang gizi, terlalu sering berenang, berjemur di bawah sinar matahari, serta penyebab lain, seperti hormon. Ketombe juga lebih senang bercokol jika kulit kepala sering berdebu.

Penelitian menunjukkan, stres bisa meningkatkan minyak di kulit kepala sampai 10 persen dan akhirnya menyebabkan ketombe. Karena kulit tubuh dan kulit kepala berkaitan, pemilik ketombe juga dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan berlemak.

Faktor keturunan besar pengaruhnya terhadap ketombe. Kalau seseorang mempunyai status bawaan seboroik (mengandung banyak minyak), kemungkinan besar orang tersebut berketombe dan berjerawat.

Usir Ketombe
Secara umum ketombe bisa diatasi dengan beberapa cara. Yang pertama adalah membuang stres dan cukup istirahat. Setelah itu, jagalah kebersihan rambut secara teratur untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala.

Gunakan shampo yang mengandung sulfur karena bisa menurunkan lemak. Sampo selenium juga dianjurkan karena mempunyai efek menekan pembelahan sel dan mengurangi lemak. Ada juga cara tradisional untuk mengusir ketombe, yakni menggosokkan tanah liat di kulit kepala.

Bila ketombe tak juga hilang, Anda bisa mencoba produk perawatan rambut di salon. Misalnya saja Anti Dandruff Treatmentt dari Johnny Andrean atau Makarizo yang mengeluarkan seri perawatan untuk ketombe kering dan ketombe basah. Terakhir, penuhilah kebutuhan gizi yang berasal dari buah dan sayuran.

hehe,,,

Iklan
Comments
2 Responses to “Sedikit Tentang Ketombe”
  1. ahmad fauzi berkata:

    ada cara lain gak ?
    selain cara itu ??
    soal nya kepala gua udah gatel banget…
    gak bisa di tahan lagi…
    please to reply !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Sejak tanggal 3 Mei 2008 tercatat

    • 369,920 pengunjung
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 120 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: